Are you really artworker ?

Holla! today im not bring anything ,but i’ll write something important!
and anyway every saturday my class is free but,we have to join additional class and will go home at 6 PM is damn man !
write your comment if you agree with my opinion !

First,” It’s Cool man !”

Banyak artworker di luar sana yang sering banget bohong sama artworker lain,percaya sama gue gue gabung di suatu group untuk artworker. mengapa artworker melakukan itu ? banyak faktor diantaranya.
1. artworker itu sangat menghargai karya orang
2. agar nggak di kacangin balik
3. nggada kerjaan
4. TEMAN !

plz,gue pernah liat karya seseorang yang sumpah adek gue aja bisa buatnya!,dan banyak artworker yang bilang keren. setelah gue telusuri jauh ternyata mereka berteman dekat di group itu.so pasti lah lo kalo sama temen pasti baik kan muji muji gitu.dia nggak jujur ! percayalah sama gue jujur diantara teman itu sulit

gue jelas nge write comment yang jujur,gue bakalan bilang kurang kreatif ,bad font,psd nggak cocok. sumpah banyak artworker yang “gila bakat” bisa bikin lebih keren dari itu dan mereka bilang keren ke gambar yang sumpah mereka bisa bikin itu sambil nutup mata,ibaratnya ya~

apa sulitnya sih untuk jadi jujur,kalo kalian jujur juga itu bakalan ngesupport si artworker kok,jika lo kurang suka sama gambar itu jujur aja,jangan bilang keren karna si artworker itu bakalan berfikir “karya gue cukup keren,ntar gue MAKE KONSEP GINI AJA LAGI” yang gue capslock itu perlu lo perhatiin.coba kalo lo jujur “fontnya bad,psdnya juga nggak cocok,tapi overall udah bagus kok ” nah lo tinggal bilang jujur apa susahnya sih. pujian kayak gitu jelas bakalan memacu artworker untuk berfikir ” gue harus bikin sesuatu yang lebih fresh atau baru”. jujur itu penting karna dengan kejujuran seseorang bisa merubah apapun.

second, take with permission!
banyak artworker yang ngambil stok tanpa permisi,termasuk gue,okay gue ngaku gue salah tapi pernahkah kalian berfikir kalo stok itu “mereka” sendiri yang buat ? ,its okay kalo mereka buat sendiri ,we have to ask permission but jika “mereka” tidak membuat sendiri melainkan take dari google atau deviant art berarti mereka mengaku ngaku kan,hey i know its indonesia but you should to know change credit dapat di kenakan hukum yang berlaku.gue pernah ngeliat seorang artworker yang mengaku itu hasil karyanya. nggak taunya gue searching di deviant art dan menemukan art itu adalah pure milik mr.k***** . lo tau rasanya credit di ubah ?  kalo kata gongchan “Naneun neoumu appa sick my heart”

Plagiat ? It’s okay,But…
plagiat ? semua orang bisa plagiat ,tapi lo tau rasanya di plagiatin seutuhnya itu sakit banget ! bukan sombong atau nge sok tapi beberapa karya gue pernah di plagiatin. ya berhubung gue orangnya always posthink,gue bakalan negur baik baik orang itu dan mereka minta maaf dan izin , its okay no problem kalo udah kayak gitu mereka sadar salah dan meminta maaf. tapi ada juga beberapa artworker yang songong udah di mlagiat jelas tapi masih nggak ngaku dan nggak mau minta maaf.

Can i get my “stuff” ?
ini juga gue pernah alamin ya,seseorang request gue buat banner,dan janji ngirimin gue sedikit “stuff” jika bannernya dia udah selesai,tapi setelah gue selesain dan gue langsung kirim gambarya dan apa yang terjadi, nggada yaang kirimin gue “Stuff” itu. sumpah gue nyesel banget! tau gitu nggak gue ambil requestanya. buat kalian artworker “bayaran” hati hatilah,kalian udah di level tinggi banyak orang yang bisa manfaatin kalian,kasih strategi jika ada yang mesen pake “Stuff”. requster kayak gitu nggak ngehargain artworker ,blacklist aja!

Free It’s okay ,but plz Respect with us …
free kan ini ? iya nggak apa kok,thanks ya udah mesen
cukup kata terimakasih itu udah buat seneng artworker kok,nggak usah pake bayaran juga kita udah seneng kalo kalian para requester bilang terimakasih. tandanya kalian udah menghargai kami sebagai artworker.

Cover Fanfiction…
Artworker indonesia mungkin banyak yang nerima requestan macam gini ya,gue juga tapi gue kebanyak terima dari negara negara tetangga tapi indonesia gue tetep layanin kok. banyak artworker yang hobi banget bikin cover sehingga mereka buka open request tapi taukah kalian para volunters artworker

tidak semua cover yang kalian buat untuk requester itu tidak pasti di pake,coba kalian join di group group cover fanfiction banyak banget requester yang yang nge req 2x bahkan lebih di group group yang berbeda. kadang ada juga Reqart (Requester but artworker) jadi mereka itu adalah typical typical artworker yang males bikin cover sendiri atau bisa juga artworker yang cuma main main alias nggada kerjaan akhirnya mereka request dan di bandingin sama karyanya,atau juga bisa artworker itu nge request cover bukan untuknya tapi buat requester dia dan jika itu terjadi otomatis di reqart itu akan mengcut credit.

for Requester or Reqart,back to first point,dont lie ! banyak banget requester yang mesen cover  setelah hasilnya jadi mereka bakalan bilang “thanks ya,bagus banget aku suka” coba take a look ke group cover lain,jika ada rquest yang sama yang harus lo lakuin adalah blacklist orang itu ! percaya sama gue dia pasti kurang puas sama karya lo dan req ketempat lain. untuk kalian pelaku reqart dan requester cobalah jujur kalian cukup jujur atau bilang gini “thanks ya udah buatin,tapi aku kurang suka sama tulisanya (terserah apanya), tapi overall udah bagus kok! semangat ya bikin covernya lagi!” itu bakalan bikin si artworker jadi lebih semangat dan berfikir ” dia kurang suka sama karya gue! gue harus bikin yang lebih fresh!”

gue nggak maksud nyindir siapapun disini,ini adalah apa yang guerasakan selama gue jadi artworker sampai saat ini banyak banget lika liku dari yang gue cuma bisa nempel foto pake magic wand akhirnya gue udah bis pake tool apapun di photoshop. dari yang mlagiatin sampe yang diplagiatin balik,dari yang mesen sekarang dipesenin gue. semua hobi itu pasti ada resikonya kok tapi buat kalian para artwoker bersabarlah jika kalian pernah melewati hal hal diatas tandanya kalian hebat ! bisa ngadepin artworkker.requester atau reqart yang macam gitu !

okay sampai situ aja dulu ya,kelas gue mau ganti pelajaran,mungkin ada yang mau kalian tambahin lagi.silahkan gue terima apapun,bashan ? terima ? opini apa yang kurang ntar gue tambahin .Thankseuh!

ceritain balik lika liku kalian jadi artworker,di koment atau komen link curhatan artworker lo di komen,pasti bukan gue aja kan yang ngerasain kayak gini ? ,gue juga pengen baca cerita lo semua,PPYONG! GOMAWO! THANKSEU! XIEXIE ! SHOKRAN ! TERIMAKASIH!

Sincerely,Andrean 2014

Leave a Reply

