[ Drama Review ] Goblin

goblin_poster_1

holla, aku mau nge review drama ini. jadi aku dari awal pemberitaan bahwa bakalan ada drama fantasi aku udah excited banget, but aku nggak begitu tau judulnya, sampai suatu hari ada temen yang sumpah dia bikin spoiler episode pertama di fbdan itu membuat aku download langsung ep1-2. dan itu ngebuat aku meringkuk di balik selimut setiap jam 11 pagi hari minggu.

kenapa hari minggu ? aku memilih untuk menyelesaikan 2 episode sekaligus, dan setiap aku melihat artikel tentang drama ini banyak hal yang nggak terduga dan aku selalu menyarankan my friend for nonton ini pas dramanya udah kelar, why ? karna drama ini nggak cocok buat orang yang gampang penasaran.

so yeah, aku adalah tipikal orang yang gampang penasaran, aku ngikutin drama ini dari awal sampe akhir.

so, drama ini bercerita tentang seorang goblin yang dikutuk, sebuah pedang tertancap di dadanya dan hanya pengantinya yang bisa mencabut pedang itu.

jujul ada 2 cerita yang disusun sangat apik disiini, cerita utama dan cerita pendamping nggak pendamping semua sih, cerita itu saling bekesinambungan. jadi 4 karakter ini saling terhubung satu sama lain.

cerita utama adalah tentang goblin dan pengantin mudanya, dan side story is tentang malaikat maut dan pemilik restoran ayam. para cast sendiri dipilih dengan teliti, Kim Go Eun as Ji Eun Tak, Gong Yoo as Kim Shin/ Yu Shin Jae, Lee Dong Wook as Kim Woo Bin/ Wang Yeo/ Lee Hyuk dan Yoo In Na adalah Sunny atau Kim Sun.

dan mereka semua adalah artis senior, i’ll start with Goblin a.k.a Kim Shin a.k.a Yu Shin Jae (Gong Yoo). jadi pada era goryeo ada seorang pejuang bernama Kim Shin, dia ditusuk pedang karna dianggap menghianati raja, padahal dia adalah seorang pahlawan. di kisahkan bahwa pedang yang menancap di tubuhnya tidak akan pernah bisa di cabut jika bukan pengantinya yang menyabut. di era Goryeo kim shin sendiri memiliki adik peremuan bernama Kim Sun.

Joseong Saja a.k.a Malaikat maut =  Kim Woo Bin/ Wang Yeo/ Lee Hyuk. aku gak akan menjelaskan panjang tentang malaikat maut ini, walaupun sudah ketebak tapi joseong saja ini ngebuat aku nonton drama dia yang lain yaitu blade man. Jadi kita panggil saja Wang Yeo, seseorang yang bunuh diri akan menjadi malaikat maut, begitu kalimat yang ku kutip dari joseong saja di epi 15. dimasalalu wang yeo bunuh diri dan bunuh diri adalah dosa terbesar manusia. itu membuat wangyeo menjadi joseong saja selama 300 tahun lebih. karna orang yang menjadi malaikat maut atau joseong saja adalah orang yang melakakukan dosa besar.

dan Ji Eun Tak pengantin goblin, Ji Euntak tidak di takdirkan lahir di dunia, tapi ia saat ibu ji euntak mengandung ia mengalami kecelakaan dan Goblin, aka kim shin menyelamatkan ibu ji euntak, dan itu otomatis membuat ji euntak selamat. dan sejak saat itu euntak menjadi pengantin goblin. karna  Ji Euntak di takdirkan tidak lahir di dunia maka ia selalu di panggil ” Jiwa yang tersesat”. oleh malaikat maut, ji euntak memiliki tanda lahir di pundaknya dan itu membuat dia memiliki ability untuk melihat hantu.

Pemilik restoran ayam = Kim Sun/ Sunny. awalnya sunny hanyalah pemilik retoran ayam biasa. sampai akhirnya ketiga karater diatas satu persatu mulai mendatangi dia tanpa sengaja. awalnya hanya Euntak dan Wang yeo, tapi akhirnya Kim shin aka goblin datang dan, menyadari jika sunny adalah adiknya di masa lalu.

jujur, cerita tentang pengantin gobiln ini masuk episode tengah agak membosankan, tapi justru side story antara Sunny dan wangyeo membuat drama ini makin bagus. karna di samping cerita utama ada cerita pembantu tpi cerita pembantu itu berhubungan dengan cerita pertama.

menurut pemberitaan, masuk di eisode terakhir drama ini bahkan mencapai rating yang tinggi melebih replay 1988.. dan itu adalah rating tetinggi tvn sepanjang masa.

aku akui bahawa drama ini drama fantasi terbaik, oenulisnya pun juga penulis senior. cerita di drama ini sulit sekali di tebak, aku eang selalu nebak2 kejadian selanjutnya bagiamana, but please aku selalu salah. dan drama ini samnggup bikin aku menjerit2. beda sama drama lain serius. segala sesuatu sulit di prediksi disini, ada satu adegan di mana identitas malaikat maut keungkap, dan itu bener bener diluar dugaan. di episode sebelumnya di preiew nggak ada tanda tanda jika idntitas malaika maut akan terungkap.

itu membuat aku menjerit dikamar pukul 12 siang, adegan itu dibikin tanpa sengaja. dan ada beberapa scene yang menurutku scene terbaik ada di episode terakhir, yaitu ketika sunny meninggal dan wangyeo adalah malaikat penuntunya. dsisitu mereka bergandengan tangan. dan itu sumoah secene terbaik banget diantara semua episode goblin.

aku sempat berfikir, kalo drama ini bakalan sad ending, dan kalo happy ending pun kayaknya bakalan di paksain kayak drama W. but you know tebakanku salah lagi. warning ini spoiler

bagaiamana cara menyatukan goblin dan pengantin manusianya ata menyatukan Wangye osang malaikat maut dan Sunny yang hanya manusia biasa ? aku sempat berfikir ini nggak bakalan happy ending, secara ini mustahil banget, apalagi Wangyeo sama Sunny mereka berdua itu nggak mungkin banget.

tapi kim eun seok sang penulis, mebuat ending drama ini jadi lebih masuk akal. dia memakai rentang waktu dan reinkarnasi lagi. waktu yang di rentangkan pun cukup lama, jika dihitung 39 tahun.

dan di rentang umur 39 tahun itu aku menemukan satu kelemahan, mereka buruk menggunakan ‘situasi’ maksudku, please mereka memakai rentangan tahun segitu banyak dan tidak mengubah situasi latar, jelasnya adalah masa depan, aku masih bisa maklumi di rentang 9 tahun pertama. ketika goblin kembali muncul. mungkin selama 9 tahun hanya sedikit perubahan yang terjadi. tapi di rentang tahun kedua, 30 tahun, mereka hanya mengubah latar jadi sedikit buluk dan itu hanya toko buku kenangan euntak dan kim shin.

mari kita berhitung, jika ji euntak di tinggalkan goblin pada tahun 2016 maka 9 tahun kemudian ketika goblin kembali adalah akhir tahun 2024( ini dilihat scene ketika salju pertama turun), wow tahun 2024 pun sudah termasuk masa depan, bagaimana ketika 30 tahun kedepan ? . aku akan melangkahi setahun, yaitu tahun 2024-2025 dimana goblin kembali muncul dan menghabiskan waktu setahun dengan euntak. jadi perhitungan di mulai dari 2026 ketika euntak meninggal dan goblin terpaksa menunggu selama 30 tahun dan jika di tambahkan tahun kembalinya euntak adalah 2056. dan mereka sama sekali nggak ngerubah latar quebec, canada.dan satu kelemahan lain, seragam euntak di masa depan sama dengan seragam euntak di tahun 2016.

itu bagian yang paling bikin kecewa, karna aku nungguin latar masa depan, dan staff mengundur satu hari drama karna ingin menggunakan cg yang bagus, dan cg yang keluar menurutku sedikit. ya walaupun langsung tanyang sekaligus 2 episodes .

dan aku nggak tau kenapa, tapi aku banyak melihat adegan keburu buru, maksudku mereka jelas di kejar deadline karna tanyang pada hari 2 hari dan 3 episode sekaligus dan itu berat, pasti. panyak adegan kasar. saat goblin kembali dan meluk euntak ada, nggak sengaja mulut euntak terbuka dan itu agak kurang nyaman. yah adgean kasar itu adegan yang kurang halus, mungkin harus diulangi lagi

aku cukup puas dengan 3 episode terakhir ini, karna memang amazing banget. jalan cerita agaimana mereka bisa bersatu. dan masalah diatas nggak begitu penting, cuma agak nggajal aja buat aku.

banyak adegan yang cukup bikin banjir arimata, dimana euntak meninggal setelah dipisahkan 9 tahun lamanya, dan bagaimana sunny mengingat semua kenangan tentang mereka sendiri. dan pastinya kisah cinta antara Wangyeo dan sunny.

dan para pemeran mendukung seperti sungjae dan lainya cukup membuat drama jadi lebih apik. dan beberapa pelajaran tentang kematian, kehidupan di drama ini benar benar menyentuh.

aku jarang ngasih rating drama ini tinggi, tapi dari 5 rating drama ini dapat 5. aku suka banget,, drama ini mengalahkan drama fantasi favoritku god gifts 14 days. dan ini rekomen banget sama kalian yang suka genre fantasi dan dongeng.

ps : drama ini bikin saya falling love sama Lee Dong Wook :v

capture-20170122-155222capture-20170122-154716

capture-20170122-155737

Wangyeo in 2016

capture-20170122-154913

Lee Hyuk in 2056

Leave a Reply

